Assalamu'alaikum . . Wr. Wb. . Selamat Datang Di Bloggnya SMP Muhammadiyah Plus Cibiuk-Garut_Mohon Maaf Apabila Terdapat Banyak Kesalahan dan Kekurangan . . . Wassalam Wr. Wb . .

Sabtu, 31 Maret 2012

Sains Islam: Ada Besi Di Dalam Al-Qur’an

Sains Islam: Ada Besi Di Dalam Al-Qur’an


 
Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya Padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha kuat lagi Maha Perkasa” (QS Al- Hadid 25).
Subhanallah, ini merupakan ke-syumuli-an (kelengkapan) dari kitab suci Al-Qur’an. Dimana kitab-kitab agama lain pun tidak akan ada yang pernah membahas tentang masalah ini. Kita harus bangga dan percaya bahwa Al-Qur’an adalah benar, Al-Qur’an adalah hudan lin naas (petunjuk bagi manusia).
Besi, apa pentingnya besi itu? sampai-sampai Allah secara khusus menurunkan salah satu surat Al-Hadid yang artinya Besi. Ipmawan-dan ipmawati yang di muliakan oleh Allah, surat ini diturunkan oleh Allah saat Nabi Muhammad bersama kaum muslimin beperang bersama orang-orang kafir di medan perang uhud yang dimana besi ini digunakan oleh kaum muslimin untuk membuat baju perang dan pedang. Nama surat ini diambil dari kalimat wa anzalna hadida (ayat 25). Ayat ini menurut pandangan ulama tafsir diartikan laksana kilauan anak panah yang menarik perhatian bagi kaum berakal. Salah satu karakteristik yang menarik para mufassir itu adalah beberapa penafsir yang menghindari terjemahan waanzalna hadida dengan “kami ciptakan besi”. Padahal secara intrinsik seharusnya “kami turunkan besi”, sebagaimana terjemahan “Wa an-zalnal kitab” (kami turunkan Al-kitab). Mengapa demikian? karena dalam bayangan mufassir klasik, pengertian bagaimana cara besi di turunkan dari langit dan apakah dijatuhkan begitu saja, merupakan persoalan yang sulit dimengerti. Namun seiring perjalanan waktu, pengetahuan manusia semakin berkembang pesat. Dengan mengkaji struktur penyusun bumi, dan bagaimana terori terbentuknya bumi, sehingga disini terdapat informasi bahwa besi tidak dapat dihasilkan oleh bumi.
Besi (Fe) sendiri merupakan satu dari empat unsur yang melimpah di bumi, yang menarik lagi bahwa penjelasan tentang besi di dalam Al-Qur’an terkait dengan kode matematika yang ada di dalam Al-Qur’an surat Al-Hadid adalah surat ke 57 sesuai dengan nomor masanya yakni 57. apakah ini suatu kebetulan?? Subhanallah, Allah Maha Besar! Wallahu ‘alam bi showab.

0 komentar:

Poskan Komentar