Assalamu'alaikum . . Wr. Wb. . Selamat Datang Di Bloggnya SMP Muhammadiyah Plus Cibiuk-Garut_Mohon Maaf Apabila Terdapat Banyak Kesalahan dan Kekurangan . . . Wassalam Wr. Wb . .

Selasa, 03 April 2012

Mempercepat Koneksi Internet

Cara Mempercepat Koneksi InternetCara Mudah Mempercepat Koneksi Internet. Tips Mempercepat Koneksi Internet. Browsing internet dengan kecepatan tinggi sangatlah menyenangkan, berbagai macam cara dilakukan untuk mempercepat koneksi internet. Terkadang, untuk mendapatkan koneksi internet yang cepat, pengguna menggunakan software atau settingan tertentu yang diyakini dapat mempercepat koneksi internet.
Cara Mempercepat Koneksi Internet. Seringkali alasan mengapa Anda memiliki kecepatan koneksi internet yang lebih lambat dibandingkan dengan kecepatan koneksi internet yang dirasakan oleh pengguna lainnya adalah karena Anda memiliki begitu banyak aplikasi yang membuat network request terlalu banyak.
Apa buktinya? Buktinya, tahukah Anda bahwa ternyata, Windows mengkonsumsi 20% bandwidth internet yang anda gunakan? Oleh karena itu, koneksi internet anda tidak 100% tetapi hanya 80%.
Ketika Anda memotong network request – network request tersebut, maka lebih banyak bandwidth akan tersedia untuk Anda. Lalu bagaimana cara untuk mengefisiensikan network request supaya browsing lebih cepat?
Berikut beberapa tips yang bisa coba Anda jalankan supaya pengalaman berinternet Anda semakin mulus.
1. Menggunakan Sebuah IM Client Bebas iklan
Salah satu aplikasi favorit banyak orang adalah aplikasi chatting (instant messenger). Mereka bannyak melakukan percakapan via internet dengan mengggunakan aplikasi terkenal seperti Yahoo Messenger dan Windows Live Messenger.
Padahal jika kita tilik lebih lanjut, ternyata Yahoo Messenger dan juga Windows Live (terdahulu disebut dengan MSN) Messenger tidak hanya terhubung pada layanan pesan instannya saja, melainkan juga menampilkan iklan (ads) ketika dibuka.
Apa hubungannya dengan kecepatan internet? Tentu saja hubungannya baik-baik saja, hehehe. Bercanda. Kembali ke hal yang serius, tentu saja hubungannya adalah dengan semakin banyaknya iklan yang ditampilkan di aplikasi tersebut, maka semakin banyak jatah speed internet kita yang terpakai untuk menampilkan iklan (yang seringkali tidak kita inginkan) tersebut. Dan efek akhirnya adalah, kecepatan internet kita terasa menjadi turun.
Sebagai solusinya, kami menyarankan untuk menggunakan aplikasi chatting yang bebas dari iklan supaya kecepatan bandwidth internet Anda tidak termakan habis oleh iklan. Saran kami, Anda bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi IM client seperti Trillian atau Pidgin yang tidak menampilkan iklan sehingga lebih hemat bandwidth.
2. Gunakan Sebuah Email Notifier, Bukan Email Client Atau Membuka Jendela Browser Terpisah
Seringkali orang me-load sebuah email client (Outlook, Outlook Express, Thunderbird, Lotus, dll) berkali-kali dalam satu jam, atau membuka halaman layanan email seperti Gmail dan Yahoo Mail berkali-kali dalam satu jam untuk mengecek apakah ada email baru yang masuk ke dalam inbox mereka ataukah tidak ada. Disadari atau tidak, hal seperti itu sangatlah boros bandwidth dan membuat kecepatan internet menjadi lambat karena penggunaan yang terus menerus untuk pengecekan email.
Sebagai solusinya, supaya hemat bandwidth internet,  kecepatan meningkat dan juga waktu terhemat, kami menyarankan untuk menggunakan aplikasi email notifier. Aplikasi email notifier akan bekerja dengan cara memantau inbox Anda secara otomatis dan memberitahukan kepada Anda jika ada email baru yang masuk. Hal ini akan mengurangi pemakaian bandwidth Anda secara drastis (karena meload halaman berkali-kali) dan juga akan membuat waktu Anda lebih luang dari sebelumnya karena tidak perlu mengecek email berkali-kali dalam tiap jamnya.
Ada banyak software email notifier yang tersedia di internet, Anda bisa mencari lebih lanjut untuk mengetahui apa yang bagus dan cocok untuk Anda. Namun jika Anda menggunakan alamat email di Gmail, kami menyarankan supaya menggunakan  software Gmail Notifier, dan jika Anda menggunakan Yahoo Mail, gunakanlah Yahoo Mail Notifire.
3. Menggunakan Google Earth, bukan Google Maps
Banyak pengguna browser internet yang memasang banyak addon/extension yang berlebihan di browser mereka. Padahal, kalau ditilik lebih lanjut, hal-hal seperti itu adalah salah satu penyebab lambatnya koneksi internet. Kenapa hal itu terjadi? Hal itu karena banyak dari addon/toolbar tersebut melakukan koneksi terus menerus dengan external server di internet yang mengakibatkan pemborosan bandwidth luar biasa yang pada akhirnya akan membuat kecepatan internet menurun drastis.
Sebagai efeknya, secepat apapun koneksi internet yang dimiliki akan terasa lambat karena banyak jatah speed yang terpakai untuk keperluan addon/toolbar/extension tersebut.
Nah, jika Anda termasuk orang yang memiliki banyak addon/extension/toolbar di browser Anda, cobalah untuk mematikan add-on tersebut. Kami sangat yakin hal ini akan membantu pengalaman berinternet Anda menjadi lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Tidak percaya? Silakan dicoba saja

0 komentar:

Poskan Komentar